outing

10 Jenis-Jenis Event Perusahaan yang Wajib Kamu Tahu

Posted 15 days ago4 mins read
Ada sejumlah event yang bisa perusahaan selenggarakan dengan tujuan yang bervariasi. Inilah jenis-jenis event perusahaan tersebut.

Corporate event atau event perusahaan adalah salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat untuk perkembangan bisnis. Jenis-jenis event perusahaan pun bervariasi dan pemilihannya bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. 

Apalagi setiap jenis acara tersebut biasanya memiliki fungsi dan tujuan yang spesifik. Seperti misalnya untuk kebutuhan internal atau eksternal perusahaan. Inilah yang kemudian membuat Anda wajib paham apa saja jenis-jenis event tersebut.

Sebab, pemilihan jenis event yang tepat akan membuat manfaat acara ini menjadi lebih optimal untuk perusahaan. 

Pengertian dan Manfaat Corporate Event

Corporate event adalah sebuah acara yang perusahaan selenggarakan untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan ini terbagi menjadi internal dan eksternal. Internal adalah tujuan untuk meningkatkan hubungan kerja antar karyawan. 

Selain itu, bisa juga untuk merayakan pencapaian tertentu dari perusahaan. Sementara itu, tujuan eksternal memiliki kaitan dengan pihak di luar perusahaan, misalnya seperti mitra bisnis, investor, klien, atau lainnya. 

Mengadakan corporate event pun akan memberi berbagai manfaat untuk perusahaan, seperti:

1. Memperkuat Hubungan dengan Pihak Eksternal Perusahaan 

Setiap perusahaan pasti memiliki sejumlah pihak eksternal yang bisa menunjang jalannya operasional bisnis. Misalnya seperti mitra bisnis, klien, investor, atau pihak lainnya. 

Corporate event adalah salah satu sarana yang bisa memperkuat hubungan dengan pihak eksternal ini. Karena lewat acara ini, Anda bisa mendengarkan masukan dari pihak eksternal, berdiskusi, hingga memperkenalkan produk atau layanan baru. 

2. Mempererat Hubungan Internal Perusahaan 

Tidak hanya bagi pihak eksternal, corporate event pun bermanfaat bagi pihak internal, yaitu seluruh karyawan dan jajaran manajemen perusahaan. Kegiatan ini bisa mempererat kerjasama dan komunikasi. 

10 Jenis-jenis Event Perusahaan

Inilah berbagai jenis event perusahaan yang bisa Anda selenggarakan:

1. Konferensi 

Pertama, ada jenis event perusahaan yang tujuannya lebih kepada pihak eksternal, yaitu konferensi. Konferensi adalah acara diskusi yang melibatkan banyak peserta dan juga pembicara. 

Topik yang bisa Anda bahas dalam konferensi pun lebih mendalam dan luas. Di acara ini, nantinya Anda bisa melibatkan pihak eksternal seperti klien, mitra bisnis, investor, bahkan kompetitor pun bisa. 

Lewat konferensi, Anda pun bisa memperkenalkan inovasi, misi, produk, atau layanan perusahaan yang baru sekaligus mempererat hubungan dengan seluruh pihak yang bergabung. 

2. Rapat Dewan Direksi (Board Meetings) 

Selanjutnya ada kegiatan rapat dewan direksi atau board meetings. Ini merupakan acara yang sangat formal dan hanya jajaran dewan direksi saja yang bergabung dalam rapat ini. 

Tidak hanya berkumpul dan berdiskusi, board meetings juga akan membicarakan masalah-masalah penting terkait perusahaan. Mulai dari rencana ke depan, capaian terkini perusahaan, kondisi keuangan, atau perubahan kebijakan. 

3. Pameran (Expo) 

Jenis-jenis event perusahaan selanjutnya adalah pameran. Acara ini lebih memfokuskan diri pada promosi layanan atau produk perusahaan kepada calon pelanggan (visitor) dan mitra bisnis. 

Anda bisa menampilkan berbagai produk atau layanan terbaik dalam acara ini. Selain itu, Anda juga bisa memberi demonstrasi dan kesempatan bagi para visitor untuk mencoba langsung produk atau layanan yang Anda tawarkan. 

Pameran sangat efektif untuk mencari calon pelanggan potensial yang baru. Selain itu, lewat pameran Anda juga bisa memperkuat citra bisnis di mata klien maupun mitra bisnis lainnya. 

4. Gathering 

jenis-jenis event

Jenis acara perusahaan yang bermanfaat untuk pihak internal selanjutnya adalah gathering. Tujuan dari adanya event ini adalah untuk memperkuat hubungan, komunikasi, kerjasama, dan kolaborasi antar karyawan serta jajaran manajemen. 

Sebab, sepanjang acara seluruh peserta akan memiliki kesempatan untuk berinteraksi dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan satu sama lain. Contoh corporate event ini pun bisa sangat bermacam-macam. 

Mulai dari outing, team building, atau makan bersama. 

5. Reward 

Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan adalah dengan memberikan apresiasi. Apresiasi ini bisa Anda wujudkan dengan acara pemberian reward kepada karyawan yang berprestasi. 

Harapannya dengan mendapatkan reward tersebut, karyawan bisa mempertahankan kinerjanya untuk perusahaan. Selain itu, semoga bisa menginspirasi karyawan lain agar juga turut berprestasi

6. Retret Perusahaan 

Jenis-jenis event perusahaan selanjutnya adalah retret. Anda bisa mengadakan acara ini apabila ingin memberi kesempatan kepada seluruh karyawan dan jajaran manajemen untuk melakukan bonding sekaligus beristirahat. 

Sebab, acara ini umumnya akan diadakan di tempat-tempat seperti villa, resort, maupun hotel. Kegiatan yang berlangsung selama retret juga umumnya tidak terlalu padat seperti outing. 

Karena memang tujuan dari retret adalah memberikan waktu bagi karyawan untuk beristirahat dan merilekskan fisik serta pikiran. 

7. Launching Produk (Product Service Launches) 

Pilihan event eksternal untuk perusahaan lainnya adalah product service launches atau launching produk. Acara ini bisa Anda adakan jika ingin menginformasikan kepada pihak eksternal perusahaan tentang adanya produk atau jasa baru. 

Perkenalan ini menjadi begitu penting agar calon pelanggan bisa lebih mengenali produk atau jasa baru yang perusahaan tawarkan. Selama acara, Anda juga bisa membagikan momen-momen seru seperti foto atau video di sosial media. 

Tujuannya agar acara semakin meriah dan lebih banyak calon pelanggan yang melihat acara peluncuran produk tersebut. 

8. Seminar 

Jenis corporate event selanjutnya adalah seminar yang tujuannya juga lebih menyasar kepada pihak eksternal. Tujuan dari seminar adalah membahas sebuah topik yang relevan dengan sektor yang sedang perusahaan tersebut geluti. 

Misalnya, Anda memiliki perusahaan yang bergerak di bidang skincare, maka Anda bisa mengadakan seminar yang membahas tentang tren perawatan kulit, teknologi terbaru perawatan kulit, dan lain lainnya yang relevan dengan topik skincare. 

Anda juga bisa mengundang pihak eksternal lain untuk terlibat, misalnya menjadi narasumber, sponsor, atau bahkan pembicara. Seminar pun bisa jadi sarana yang bagus jika Anda ingin memperkenalkan produk atau layanan baru perusahaan. 

9. Charity 

Perusahaan juga bisa mengadakan charity events atau kegiatan amal. Acara amal ini sangat baik untuk mendorong moral perusahaan dan seluruh karyawan. 

Untuk mengadakannya, Anda bisa menyisihkan sebagian pendapatan perusahaan untuk kemudian disalurkan kepada yang membutuhkan. 

10. Training Karyawan 

Jenis-jenis event perusahaan yang terakhir adalah training karyawan. Acara ini memiliki tujuan meningkatkan dan menambah keterampilan karyawan perusahaan sehingga bisa lebih produktif dalam mendukung perusahaan. 

Nantinya acara ini bisa berupa sesi pelatihan teknis, workshop, maupun seminar. 

Pada dasarnya, ada banyak jenis-jenis event perusahaan atau corporate event yang dapat Anda selenggarakan. Setiap acara tersebut juga memiliki tujuan, dampak, dan manfaat yang berbeda untuk perusahaan, salah satunya outing. 

Apabila Anda sedang mencari inspirasi dan rekomendasi terbaik soal lokasi dan penyedia jasa outing, maka jangan lupa kunjungi Indonesia Outing Expo. Ini merupakan pameran yang mempertemukan jasa outing dan visitor. 

Dengan bertemu berbagai penyelenggara jasa outing tersebut, keperluan outing perusahaan bisa jadi lebih praktis dan mudah. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera dapatkan tiket Indonesia Outing Expo sekarang juga!

outing
Share this post
© 2025 Panorama Events. All rights reserved.
#OutingTanpaPusing