tips karyawan

8 Strategi Meningkatkan Produktivitas Kerja, Dijamin Ampuh

Posted 9 days ago4 mins read
Produktivitas kerja menurun? Yuk cari tahu berbagai strategi meningkatkan produktivitas kerja ampuh dan efektif. Selengkapnya.

Mengetahui dan menerapkan strategi meningkatkan produktivitas kerja sangat penting agar setiap pekerjaan bisa terselesaikan secara optimal. 

Bagaimana tidak, produktivitas kerja menjadi faktor kesuksesan baik bagi individu, organisasi, dan perusahaan.

Masalahnya, karyawan seperti Anda kerap mengalami gangguan saat berniat produktif. Misalnya, interupsi secara mendadak dan bahkan tambahan pekerjaan yang membuat Anda frustasi.

Tidak heran, bisa saja produktivitas kerja karyawan menurun sehingga setiap pekerjaan tidak terselesaikan sesuai deadline. Jikapun tepat waktu, hasilnya justru kurang memuaskan.

Tenang saja, ada beberapa strategi agar produktivitas kerja karyawan seperti Anda bisa meningkat. Termasuk saat menghadapi situasi seperti tadi. Cek lengkap di sini.

Baca Juga: Karyawan Tidak Semangat? Cari Tahu Penyebab Demotivasi Kerja

Strategi Meningkatkan Produktivitas Kerja Ampuh dan Efektif

Berikut adalah delapan strategi untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan, termasuk bagi Anda. Setiap strategi ini bisa Anda terapkan demi mewujudkan kesuksesan bagi perusahaan:

1. Buat Perencanaan Kerja secara Harian

Mari mulai dengan strategi sederhana, yaitu membuat perencanaan kerja. Semakin baik perencanaan, semakin besar peluang Anda untuk mencapai sebuah tujuan sambil meningkatkan produktivitas.

Tampaknya cara ini terlihat sederhana. Namun, begitu banyak pekerjaan yang harus dilakukan mungkin membuat Anda bingung dan kewalahan.

Dari sini, Anda bisa membuat perencanaan berupa daftar pekerjaan prioritas harian. Tentukan pekerjaan mana yang harus segera terselesaikan, khususnya yang mendekati deadline.

Lalu bagaimana dengan pekerjaan berskala besar dan berat? Lebih baik, bagi dulu jadi beberapa tugas kecil secara spesifik. 

Ini akan memudahkan agar pekerjaan berat tersebut bisa terselesaikan secara perlahan tapi pasti.

Strategi meningkatkan produktivitas ini akan memudahkan Anda untuk lebih fokus mengerjakan setiap tugas. 

Tentunya, Anda akan merasa ringan ketika menghadapi setiap beban kerja nantinya.

2. Menciptakan Area Kerja yang Baik dan Nyaman

Kedua, area atau lingkungan kerja dapat mempengaruhi produktivitas tenaga kerja secara keseluruhan. 

Jika terasa tidak nyaman, baik itu atmosfer atau perilaku karyawan, besar peluang produktivitas akan terganggu.

Untuk area kerja Anda sendiri, Anda bisa mulai dengan merapikannya. Jaga kebersihan dan hindari menaruh banyak barang yang tidak relevan dengan pekerjaan.

Selain itu, jangan juga lupakan soal kenyamanan ketika menerapkan strategi meningkatkan kualitas kerja ini.

Tentu Anda akan merasa tidak nyaman jika harus duduk di depan meja kerja setiap saat, bukan? Jika perlu, saat rehat sejenak, Anda bisa melakukan peregangan.

Apabila memang harus menyelesaikan kerja yang mengharuskan lebih banyak waktu untuk duduk, perhatikan postur Anda. 

Terapkan postur duduk yang pas agar mengurangi risiko cedera punggung dan leher.

3. Meningkatkan Komunikasi Efektif

Karyawan lain, termasuk atasan dan bawahan, menjadi faktor kenyamanan lingkungan dan area kerja. 

Oleh karena itu, tidak terbantahkan lagi komunikasi efektif antar karyawan menjadi strategi untuk meningkatkan produktivitas.

Tentunya, setiap karyawan harus merasa nyaman saat bekerja. Apalagi ketika berbicara terkait masalah tugas, memberi feedback, dan memberikan solusi.

Kenyataannya, masih ada karyawan yang memiliki perilaku kurang mengenakkan. Terkadang, beberapa di antaranya justru menyebarkan gosip-gosip kantor.

Meski tidak bisa mengontrol perilaku orang lain, Anda bisa menjadi yang pertama untuk menciptakan komunikasi efektif. Jadilah terbuka terhadap segala topik, seperti feedback dan penyelesaian masalah.

Dengan menerapkan strategi meningkatkan produktivitas kerja ini, setiap karyawan dapat termotivasi agar bisa menyelesaikan tugas lebih baik lagi.

Baca Juga: 10 Cara Ampuh Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan

4. Mencegah Segala Distraksi dan Gangguan

strategi meningkatkan produktivitas kerja

Selanjutnya, saat mengerjakan sebuah tugas, umumnya Anda bisa saja terdistraksi. Akibatnya, konsentrasi menjadi terganggu dan penyelesaian pekerjaan jadi tertunda-tunda.

Gangguan dan distraksi dalam pekerjaan bisa terjadi akibat faktor internal dan faktor eksternal.

Faktor internal umumnya berasal dari keinginan untuk menunda tanggung jawab. Artinya, Anda akan melakukan sesuatu yang tidak relevan dengan tugas Anda saat itu.

Contoh paling umum adalah penggunaan smartphone untuk kepentingan pribadi. Mulai dari scrolling media sosial, browsing yang tidak perlu, hingga streaming film. Bahkan, ketiganya juga sering dilakukan menggunakan fasilitas komputer kantor.

Oleh karena itu, bijaklah dalam penggunaan komputer kantor dan smartphone saat menyelesaikan pekerjaan. Kalau browsing untuk yang relevan dengan pekerjaan, tidak apa-apa.

Lalu bagaimana jika ingin mendengarkan musik sambil bekerja? Sebenarnya Anda bisa melakukannya, asalkan musik tersebut harus Anda gemari. 

Lebih bagus lagi jika Anda memainkan playlist berisi lagu instrumental demi meningkatkan fokus.

Kemudian, apa saja faktor eksternal yang akan mengganggu pekerjaan? Coba perhatikan kembali strategi kedua dan ketiga. Lingkungan kerja yang tidak nyaman bisa memicu distraksi.

Untuk itu, Anda bisa menghindari dari pengaruh dari orang lain yang mungkin jadi distraksi.

5. Meningkatkan Skill

Meningkatkan skill juga tetap relevan sebagai strategi meningkatkan produktivitas tenaga kerja. Tindakan ini merupakan langkah yang bijak agar produktivitas kerja bisa meningkat.

Pastinya, setiap pekerjaan membutuhkan skill yang memadai. Semakin tinggi skill tersebut, semakin besar peluang pekerjaan tersebut bisa terselesaikan dengan cepat, efektif, dan memuaskan.

Jadi, Anda bisa meningkatkan skill atau keterampilan diri sendiri yang relevan dengan pekerjaan tersebut. 

Sebenarnya, sudah banyak media online yang bisa membantu Anda dalam mempelajari lebih dalam lagi.

Lebih baik lagi jika Anda merupakan atasan, melakukan investasi untuk memberikan pelatihan kerja yang relevan merupakan hal bijak. 

Dengan begitu, setiap karyawan akan mampu meningkatkan skill agar mampu menghadapi tantangan secara efektif.

6. Fokus pada Prioritas

Mari kembali ke strategi meningkatkan produktivitas kerja yang pertama tadi. Anda sudah mengetahui pentingnya menentukan mana pekerjaan yang menjadi prioritas dan mana yang bukan.

Setelah menentukan, Anda wajib mengerjakan tugas satu per satu, mulai dari yang paling mendesak. 

Tepatnya, tugas dengan prioritas tertinggi harus terselesaikan lebih dulu. Setelah selesai, Anda bisa menyelesaikan tugas selanjutnya.

Namun, jika atasan atau rekan kerja secara mendadak memberi tugas tambahan, usahakan kamu tolak terlebih dahulu. 

Belum tentu tugas tersebut sesuai dengan job desc Anda, apalagi kalau sampai mengganggu prioritas.

Baca Juga: Skill Karyawan Mandek? Coba Tingkatkan dengan Cara Ini

7. Melakukan Evaluasi Rutin

Strategi meningkatkan produktivitas kerja karyawan yang tak kalah penting adalah adanya evaluasi secara rutin.

Evaluasi ini bertujuan untuk menilai apakah strategi sejauh ini efektif. Tidak hanya itu, berbagai masalah yang mungkin dan sudah terjadi juga ikut menjadi pembahasan. Keduanya penting demi proses pengerjaan tugas yang lebih optimal.

Setelah itu, masukan demi masukan akan menjadi pertimbangan untuk pembaruan strategi perusahaan kelak. Harapannya, pembaruan ini akan membantu meningkatkan produktivitas karyawan.

8. Memprioritaskan Kesejahteraan Karyawan

Strategi meningkatkan produktivitas karyawan yang terkait terkait dengan kesejahteraan. Benar, kesejahteraan masih harus menjadi prioritas.

Hal ini harus meliputi lingkungan kerja yang nyaman, fleksibilitas kerja, waktu istirahat cukup, dan fasilitas kesehatan. 

Ketiga hal ini akan membantu meningkatkan kebahagiaan dan loyalitas bagi karyawan.

Acara liburan kantor seperti outing juga bisa menjadi gagasan bagus untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan. 

Kegiatan ini sekaligus menjadi kesempatan untuk membangun koneksi dan meningkatkan keterlibatan bagi setiap karyawan.

Di sinilah Panorama Events dapat membantu mewujudkan outing kantor impian dengan HR-Driven Program Design. 

Kami telah menggelar lebih dari 1.000 acara yang sukses memperkuat tim karyawan dalam jangka panjang.

Jadilah perusahaan yang selanjutnya untuk menggelar acara menyenangkan dengan team building yang efektif. 

Segera hubungi Panorama Events sekarang juga untuk mulai merencanakan outing terpersonalisasi untuk perusahaan Anda!

tips karyawan
Share this post
© 2025 Panorama Events. All rights reserved.
#OutingTanpaPusing